56 Finalis Lolos Grand Final MTQ Internasional 2024

Pra Kualifikasi MTQ Internasional ke-4 2023. (Foto: Kemenag)

MOESLIM.ID | Pra Kualifikasi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional ke-4 tahun 2023 berlangsung sejak 24-26 November 2023 dan menghasilkan 52 finalis dari 37 Negara.

Para finalis terdiri dari 20 peserta cabang Tilawah kategori putera dan puteri yang berasal dari Syria, Tanzania, Pakistan, Afganistan, Filipina, Mauritania, Yaman, Turki, Singapura, India, Iraq, Mesir, Guinea, Belanda, Kenya, Brunei Darussalam, dan Iran.

Selain itu, ada 32 finalis cabang tahfizh kategori putera dan puteri yang berasal dari berbagai negara peserta. Indonesia sendiri meloloskan empat finalis, dua orang untuk cabang Tilawah dan dua orang lainnya pada cabang Tahfizh.

Baca Juga:  Bantuan 1.080 Laptop Untuk Dorong Digitalisasi Pesantren

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, menjelaskan, peserta yang lolos pra kualifikasi berhak ikut babak Grand Final yang digelar di Indonesia pada April 2024 mendatang.

“Penerapan standar yang sangat tinggi dilakukan dalam menentukan para finalis untuk memastikan bahwa finalis benar benar memiliki kualifikasi dan kompetensi yang baik,” jelas Kamaruddin, Rabu (29/11/2023).