Brasil Incar Pasar Produk Pertanian Dari Negara Islam

Bendera negara Brasil. (blogging-techies.com)

MOESLIM.ID | SAO PAULO – Brasil sebagai pengekspor bahan makanan terbesar di dunia seperti kopi dan kedelai, menyatakan ingin meningkatkan ekspor produk pertanian ke berbagai negara Islam. Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Perdagangan di Kementerian Pertanian Brasil Flavio Bettarello.

Ia mengatakan, Brasil sedang dalam pembicaraan dengan Indonesia, Lebanon, dan Maroko untuk mengakses pasar mereka. Rencananya, negara tersebut akan menjual produk pertanian selain jagung, daging sapi, ayam, serta gula mentah.

“Ada kekhawatiran relatif terhadap jenis produk yang diekspor dan tujuannya,” kata Bettarello, seperti dilansir Reuters, Rabu (8/12). Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yang terdiri dari 57 anggota, telah mengimpor 190,5 miliar dolar AS barang makanan termasuk gandum, jagung, gula, beras, susu dan produk susu pada 2020, data itu dikumpulkan oleh Kamar Dagang Arab Brazil. 

Baca Juga:  Shalat Jumat Untuk Pertama Kali di Masjid Baru Tokyo

Dari jumlah itu, Brasil menyumbang 14,1 miliar dolar AS. Jumlah tersebut sekitar 7,5 persen dari total data di atas.

Bettarello mengatakan, hanya lima negara OKI yang mendapatkan sekitar 50 persen dari ekspor pertanian Brazil. Turki, Iran, Indonesia, Arab Saudi, dan Bangladesh, sebagai importir terbesar kelompok tersebut.