ICMI Desak Pemerintah Bela Umat Islam yang Ditindas di India

Ilustrasi umat Islam di India. (Foto: muslimobsession.com)

MOESLIM.ID | JAKARTA – Majelis Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (MPP ICMI) bersuara lantang terkait penindasan umat Islam di India. ICMI pun mendesak Pemerintah Republik Indonesia (RI) agar mengambil sikap terhadap pembantaian dan penindasan kaum minoritas muslim yang ada di India.

“Kami meminta pemerintah agar memanggil duta besar India di Indonesia untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat muslim di Indonesia terkait hal penindasan terhadap umat Islam di India,” ungkap Wakil Ketua Umum (Waketum) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Periode 2021-2026, Andi Anzhar Cakra Wijaya, dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/2).

ICMI  juga mendesak Presiden Jokowi untuk memberi perhatian kepada umat muslim di India yang mengalami diskriminasi, penindasan dan kesewenang-wenangan oleh kelompok ultra-nasionalis Hindu ekstrem di negara Mahatma Gandi itu. 

Baca Juga:  Mualaf Jonathan Acquaviva, Kenal Islam Sejak Kecil di Prancis

“Ini sangat penting mengingat sebagai negara Islam terbesar di dunia, ICMI memandang Indonesia harus berperan aktif dan menunjukkan solidaritas terhadap Saudara-saudara muslim di India yang saat ini mengalami penindasan. Maka dari itu, Pemerintah RI harus mengambil sikap yang berpihak pada umat Islam,” cetus putra mantan Jaksa Agung, Andi M. Ghalib itu.

Waketum ICMI bidang politik, hubungan internasional, hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) ini menjelaskan, sikap arogansi dan kesewenang-wenangan yang dipertontonkan kelompok mayoritas ultra-nasionalis Hindu ekstrem itu telah melukai sekaligus mencoreng hubungan RI-India. Khususnya, ucap mantan anggota DPR RI ini, hubungan umat muslim India dan Indonesia.

Baca Juga:  Putra Muammar Gaddafi Jadi Kandidat Presiden Libya

“Hubungan umat muslim India dan Indonesia sudah terjalin sangat erat selama ini. Peristiwa penindasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia terhadap umat Islam di India telah mencoreng hubungan baik selama ini,” imbuhnya.