Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Digelar 3 September 2023

Kompetisi Sains Madrasah Nasional 2023. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, 3-7 September 2023.

Ajang kompetisi bagi siswa madrasah tingkat nasional tahun ini mengusung tema “Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi”.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, KSM merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang sains bagi para siswa madrasah, baik jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), maupun Madrasah Aliyah (MA).

“KSM merupakan wadah bagi siswa madrasah untuk berkompetisi dan mengembangkan bakat dan minat di bidang sains,” jelas Kang Dhani demikian sapaan akrabnya, di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

“Kompetisi ini bertujuan meningkatkan semangat siswa mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berlandaskan nilai-nilai agama serta mengikuti budaya kompetitif yang positif sehingga anak-anakku kelak menjadi insan-insan yang bermanfaat dan mampu bersinergi dengan situasi dan kondisi pada setiap zaman,” sambungnya.