Asal Usul Payung, Sudah Ada Sejak 4.000 Tahun Lalu

Sejarah dan asal usul payung. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Payung adalah alat atau perlengkapan yang digunakan untuk mencegah ataupun menahan air hujan yang mengguyur tubuh agar tidak basah. Payung juga digunakan untuk menciptakan bayang-bayang dan mencegah terpaparnya seseorang oleh sinar matahari.

Payung yang digunakan untuk menahan teriknya cahaya matahari disebut parasol. Pabrik payung pertama didirikan di Baltimore, Maryland, pada tahun 1928.

Payung atau umbrella dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin “umbra”, yang berarti bayang-bayang. Saat ditemukan pada 4 ribu tahun lalu, awalnya payung kuno didesain khusus hanya untuk melindungi sang pemakai dari terik panas matahari.

Baca Juga:  Celana Skinny Fit, Pas dan Stylish Untuk Pria

Sampai akhirnya bangsa Tionghoa berhasil membuat payung yang berfungsi juga sebagai pelindung terhadap hujan. Mereka berhasil memanfaatkan lilin dan lak sebagai pelapis kertas agar payung itu anti air.

Pada abad ke-16, keberadaan payung menjadi populer terutama di negara-negara Eropa Utara yang memang kerap sekali turun hujan. Semula payung hanya dianggap sebagai aksesoris kaum wanita.