Mengenal Thawb, Baju Pria Khas Negara Muslim di Timur Tengah

Thawb atau thobe, baju pria khas negara muslim di timur tengah. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Busana ini khusus untuk pria, baju jubah pria tersebut merupakan gamis panjang berwarna putih yang digunakan untuk melakukan aktivitas komplet dengan penutup kepalanya. Panjang pakaian ini hingga mata kaki serta menutupi semua sisi badan.

Dalam soal macam warna serta motif kain sama seperti dengan jubba serta galabiyya juga lebih berkesan netral dalam soal warna serta tidaklah terlalu banyak beberapa ornament, hingga begitu otentik dengan karakter beberapa orang dari Timur Tengah.

Thawb atau thobe juga disebut baju tradisional di beberapa negara Timur Tengah, dari mulai Arab Saudi, Maroko hingga Oman. Di setiap negara penyebutan thawb tidak sama.

Baca Juga:  Jenis Sajadah yang Nyaman di Pakai Untuk Shalat

Umpamanya di Oman dimaksud dengan nama dishdasha, di UAE dimaksud dengan kandoorah, sedang di Mesir dimaksud dengan galabeyya. Baju sebagai item paling utama pria Arab ini umumnya dipakai dengan celana panjang longgar putih yang dimaksud dengan sirwal.

Di tiap-tiap negara, thawb mempunyai ciri khas sendiri. Di Arab Saudi, thawb yang digunakan mempunyai dua atau tiga kancing sampai kerah pakaian. Tidak sama dengan pakaian panjang di negara timur tengah yang lain yang kadang-kadang tak berkerah atau dikancing.

Baca Juga:  Perbedaan Pendapat Ulama Tentang Hukum Memakai Dasi