Zamrud, Batu Permata Berwarna Hijau yang Harganya Selangit

Ilustrasi batu permata Zamrud. (Net)

MOESLIM.ID | Zamrud adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium.

Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohs).

Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, dan Brasil. Saat ini tambang batu zamrud di Rusia (Siberia), Kolombia dan Afrika Selatan (Zambia) sudah di tutup.

Ketersediaan batu zamrud asli semakin sedikit, tetapi makin banyak “beryl” yang di treatment secara ekstrim dengan minyak berwarna hijau agar mirip seperti zamrud.

Baca Juga:  Perbedaan Pendapat Ulama Tentang Hukum Memakai Dasi

Secara gemologi, jika beryl di treatment dengan metode “dyed” atau “colored oil” maka tidak bisa di definisikan sebagai zamrud akan tetapi sebagai Dyed Beryl.

Colombia merupakan penghasil sebagian besar zamrud yang ada di dunia. Diperkirakan sekitar 50-60% zamrud yang ada di dunia berasal dari negara ini. Batu zamrud yang berasal dari colombia juga dikenal sebagai jenis batu zamrud termahal.