Malaysia Imbau Jemaah Umrah Kenakan Batik ke Tanah Suci

Ilustrasi jemaah Umrah asal Malaysia. (Foto: Tempo.co)

MOESLIM.ID | Pemerintah Malaysia mengimbau para jemaah Umrah untuk mengenakan batik selama perjalanan ke Tanah Suci. Himbauan ini menyusul pemberlakuan aturan seragam batik bagi para pegawai pemerintahan di Malaysia pada setiap Kamis.

Hal tersebut disampaikan usai Badan Pengembangan Kerajinan Nasional Kraftangan Malaysia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan tiga asosiasi agen travel umrah pada 8 September 2023 lalu, Kamis (14/9/2023).

Wakil Direktur Jenderal (Pengembangan) Kraftangan Malaysia, Abdul Halim Ali mengatakan, penggunaan batik ini adalah upaya pemerintah dalam menggalakkan batik Malaysia termasuk mendorong pertumbuhan industri batik.

Baca Juga:  Kabar Gembira, Haji Indonesia Dapat Tambahan Kuota

“Ini sebagai upaya untuk lebih menggalakkan penggunaan batik Malaysia oleh jemaah umrah menyusul pengumuman sebelumnya yang mengharuskan PNS wajib memakai batik Malaysia pada hari Kamis. Upaya kampanye kesadaran ini sebenarnya telah membantu pertumbuhan industri ini,” ujarnya.

Halim mengatakan, jemaah umrah bisa mengenakan batik di luar waktu kewajiban mengenakan pakaian ihram. Ini bisa dilakukan saat perjalanan menuju Tanah Suci.