Pasca Operasional Haji 1444 H, 26 Jemaah Dilaporkan Wafat

Pasca operasional Haji 1444 Hihjriyah. (Foto: Kemenag)

MOESLIM.ID | Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Nasrullah Jasam menginformasikan bahwa pasca operasional ibadah haji 1444 H sejak 5 Agustus 2023 hingga sekarang, tercatat ada 26 jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi.

Operasional ibadah haji 1444 H dinyatakan berakhir oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 5 Agustus 2023. Saat itu, tercatat masih ada 77 jemaah haji Indonesia yang dirawat di RSAS Arab Saudi. Dari jumlah itu, 26 jemaah wafat dan delapan jemaah diizinkan pulang hari ini ke Tanah Air.

Baca Juga:  Bolehkah Memakai Pampers Ketika Ihram Haji atau Umrah?

“Sejak 5-20 Agustus, dilaporkan ada 26 jemaah haji Indonesia yang wafat,” terang Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam melalu pesan singkat dari Jeddah, Senin (21/8/2023).

Menurut Nasrullah, sebanyak 7 jemaah wafat saat menjalani perawatan di Rumah Sakit di Madinah. Sementara 16 jemaah wafat di RS Makkah, dan 3 jemaah lainnya wafat di RS Jeddah.

“Semoga jemaah haji yang wafat diterima amal ibadahnya dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah swt. Keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahan, kesabaran, dan kekuatan dari Allah,” harap Nasrullah.