Mencicipi Tabouleh, Makanan Khas Negeri Suriah

MOESLIM.ID | Tabouleh adalah sejenis salad yang berisi gandum bulgur, tomat, bawang putih dengan tambahan daun mint, parsley dan siraman air lemon dan olive oil.

Salad ini sehat karena bulgur sendiri adalah gandum yang kaya akan serat dan protein, kalium, zat besi dan memiliki indeks glikemik rendah. Dalam satu cangkir tabouleh dapat memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan serat bagi pria dan 12 persen bagi wanita.

Hidangan kaya serat ini dibuat dari berbagai jenis sayuran. Sayuran yang dicincang halus memadukan semua rasa dari masing-masing bahan. Meskipun makanan tradisional ini berasal dari Timur Tengah, namun populer di manca negara.

Baca Juga:  Resep Membuat Roti Pita (Bread Khubz) Khas Negeri Arab

Tabouleh berasal dari kata tabulah yang berarti salad. Terbuat dari bulgur, tomat, peterseli dan daun mint. Semua bahan dicincang halus dan tambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih. Dressing yang digunakan adalah minyak zaitun yang ditambahkan jus lemon dan garam.

Mulanya salad ini berasal dari Suriah dan Lebanon. Kemudian berbagai variasi dibuat oleh masyarakat Turki dan Armrnia. Hingga saat inipun, tabouleh menjadi salah satu salad yang terpopuler di Timur Tengah.

Baca Juga:  Resep Kue Sus Buah yang Lezat dan Menyegarkan

Rasanya yang asam segar cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka. Di negara asalnya hidangan tradisional yang sudah lama ada ini juga masih dihidangkan hingga sekarang. Pembuatan tabouleh juga dianggap sebagai sarana berhemat dalam penggunaan daging.

Di Irak, Suriah, Yordania, Libanon dan Palestina, biasanyanya disajikan dalam Meze, yaitu berbagai pilihan hidangan kecil bersama selada. Karena dibuat dari berbagai sayuran dan mengandung banyak serat, kebanyakan orang Arab memasukkan menu ini dalam makanan sehari-hari.(bbs)