Qatayef, Hidangan Momen Spesial Dari Yordania

MOESLIM.ID | Qatayef atau yang biasa disebut sebagai pancake Arab ini merupakan hidangan yang wajib disantap saat bulan Ramadhan. Kue yang manis dan gurih dengan bentuk menyerupai bulan sabit ini populer di Yordania, Mesir, Palestina, Suriah serta Turki.

Kalau di Indonesia, kue ini seperti pancake atau panekuk. Terbuat dari bahan-bahan dengan nutrisi tinggi dan diisi dengan kacang-kacangan. Sebagai sentuhan terakhir yang menyempurnakan adalah siraman madu. Hmm, manis banget.

Di Yordania saat berbuka puasa qatayef merupakan salah satu favorit. Bentuknya mirip pastel dengan isian kacang yang gurih. Tambahkan kayu manis dan kismis membuat rasanya jadi legit dan aromanya harum.

Baca Juga:  Mie Shirataki Goreng yang Sehat Ala Negeri Jepang

Masing-masing negara memiliki hidangan kuliner yang khas. Seperti Qatayef, makanan khas Yordania ini selalu disajikan saat berbuka puasa. Makanan sejenis pangsit ini dibuat dari adonan terigu dengan aroma kayu manis dan diisi dengan kacang kenari dan gula.

Makanan penutup khas negara Arab ini biasa disajikan selama bulan Ramadhan. Kurang lengkap jika disantap tanpa sirup madu. Makanan tradisional ini banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Teksturnya yang lembut dan manis diselingi krenyes renyah butiran kacang saat dikunyah.

Baca Juga:  Ayam Percik Khas Malaysia yang Menggugah Selera

Untuk membuatnya adonan Qatayef dituangkan ke dalam hot plate bulat mirip dengan pancake. Setelah matang adonan dilipat. Kue ini juga diisi potongan keju tawar, jenis kacang yang bisa dicampurkan yaitu hazelnut, walnut, almond, dan pistachio.

Agar rasa Qatayef lebih sempurna, biasanya ditambahkan juga kismis, gula bubuk, vanili dan kayu manis. Setelah itu dimasak kembali dengan digoreng atau dipanggang. Sentuhan akhirnya disiram sirup panas atau madu.(bbs)