Adzan Adalah Syiar Agama Islam yang Agung

MOESLIM.ID | Adzan dalam bahasa Arab: أَذَان‎ [ʔaˈðaːn] merupakan panggilan ibadah bagi umat Islam untuk menunaikan shalat fardu. Adzan dikumandangkan oleh seorang muadzin dari masjid setiap memasuki waktu lima waktu salat.

Kata adzan sendiri berasal dari kata ʾadzina أَذَّنَ yang berarti “mengumandangkan adzan”. Panggilan kedua setelah azan dinamakan iqamah digunakan untuk memberitahu umat bahwa ibadah salat segera dimulai.

Alhamdulillah di negeri kita tercinta Indonesia, syiar Islam sangat tampak secara umum. Perlu kita perhatikan bahwa syiar Islam bukan hanya potong tangan dan hukum cambuk saja, akan tetapi syiar Islam juga berupa ibadah-ibadah yang kita lakukan sehari-hari seperti adzan dan laki-laki datang ke masjid memenuhi panggilan Allah.

Baca Juga:  Ar Razzaq, Allah Maha Pemberi Rizki Kepada Makhluk-Nya

Adzan adalah syiar agama Islam. Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,

وإن شعار الدين الحنيف هو: الأذان المتضمن للإعلان بذكر الله، الذي به تفتح أبواب السماء، فتهرب الشياطين، وتنزل الرحمة

“Di antara syi’ar-syi’ar agama yang hanif ini adalah adzan yang mengandung pengumuman untuk berdzikir (mengingat) Allah ta’ala. Dengan adzan ini, terbuka pintu-pintu langit, para setan lari terbirit-birit dan turun rahmat (ketenangan)”. (Al Iqtidha Shiratil Mustaqim hal. 218)

Hal ini sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda,

Baca Juga:  Taubat Sambal, Bagaimana Kita Menyikapinya?

إذا نُودِيَ بالصلاةِ فُتحتْ أبوابُ السماءِ ، واسْتُجيبَ الدعاءُ

Jika adzan untuk shalat dikumandangkan, maka pintu-pintu langit dibuka, dan doa-doa dikabulkan”. (HR. Ath Thayalisi, Silsilah Ash Shahihah no. 1413)