Negara yang Jadi Penampungan Pengungsi Rohingya

Para pengungsi Rohingya. (Foto: BBC)

MOESLIM.ID | Para pengungsi etnis Rohingya termasuk perempuan dan anak-anak sampai di Provinsi Aceh, Indonesia dan langsung ke kamp Pramuka di Kabupaten Pidie.

Namun, warga setempat langsung memblokir pintu masuk dan melarang mereka untuk masuk ke Aceh. Para pengungsi akhirnya dibawa kembali ke kantor gubernur, kemudian ditampung di kompleks gedung pertemuan Kota Banda Aceh.

Sampai saat ini, lebih dari 1.500 pengungsi Rohingya yang ada di Aceh. Mereka datang ke beberapa negara muslim lantaran memiliki permasalahan di Myanmar. Myanmar tidak mau mengakui orang Rohingya yang akhirnya memutuskan mengungsi ke beberapa negara.

Baca Juga:  Siapa Itu Ulama Su', Orang yang Berilmu Namun Buruk (1)

Para pengungsi Rohingya pergi ke negara-negara muslim untuk meminta perlindungan dari kekerasan, pembunuhan dan pelanggaran hak yang dialaminya di Myanmar. Nagara-negara yang mau menampung para pengungsi Rohingya tersebut adalah;

1. Indonesia

Pemerintah Republik Indonesia mengatakan bahwa Indonesia hanya akan memberikan perlindungan sementara untuk pengungsi Rohingya sebab negara tersebut menganut prinsip kemanusiaan dalam konstitusi.