Takaful, Sikap Mulia Meringankan Beban Sesama

Takaful sikap mulia meringankan beban sesama. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Takaful adalah sebuah perilaku atau perbuatan yang meliputi beberapa macam sifat seperti tolong menolong, saling membantu, dan bersama-sama menutup celah kekurangan antar sesama manusia.

Takaful tergambar dengan memberikan pertolongan, pemeliharaan dan bantuan, hingga ditunaikan kebutuhan orang yang sangat membutuhkan, menghilangkan kesedihan yang berduka cita, dan menambal luka orang yang sakit.

Sikap takaful tidak hilang kecuali saat sudah meratanya egoisme, putusnya rasa persaudaraan, manusia tenggelam dalam kepentingan pribadi dan kesibukan diri sendiri.

Baca Juga:  Hukum Shalat Idul Adha Menurut Ulama, Wajib Atau Sunnah?

Di jaman sekarang ini, banyak sekali contoh takaful yang bathil di antara sesama manusia, dan sebagian gambaran kasih sayang mereka bersama kaum muslimin, karena dorongan kemanusiaan (humanisme) atau sekterian, atau politik.

Dahulu, Khadijah radhiyallahu anha, tatkala dia ingin meringankan rasa takut dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam karena turunnya wahyu, ia menjadikan sifat takaful yang beliau dikenal dengannya sebelum kenabian sebagai dalil logis bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan pernah menghinakannya.