Ruqayyah Putri Rasulullah Sang Pahlawan Dua Hijrah

Ilustrasi wanita Muslimah hijrah. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Ruqayyah adalah putri dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan ibunya adalah ummul Mu’minin Khadijah binti Khuwailid radhiallahu anha.

Putri Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam ini lahir saat Rasulullah berusia 33 tahun. Rasulullah menikahkan putrinya ini dengan Utbah bin Abu Lahab. Pernikahan yang dilangsungkan saat usianya belum genap 10 tahun. Demikianlah kultur saat itu.

Penikahan berlangsung di usia muda. Nabi juga menikahkan putri beliau yang lain, Ummu Kultsum, dengan Utaibah bin Abu Lahab. Pada saat turun surat Al Masad atau Al Lahab yang mencela kekufuran Abu Lahab.

Baca Juga:  Perjuangan Dakwah Nabi Nuh Selama 950 Tahun

Abu Lahab dan istrinya, Ummu Jamil binti Harb, berkata kepada kedua putranya, “Ceraikanlah putri-putri Muhammad!”.

Keduanya pun menceraikan putri beliau sebelum mencapurinya. Ini adalah kemuliaan dari Allah. Kemudian ia menikah dengan Utsman bin Affan radhiallahu anhu.

Ruqayyah memeluk Islam ketika ibunya, Khadijah binti Khuwailid beriman kepada suaminya. Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam membaiat Ruqayyah dan saudari-saudarinya bersama wanita-wanita lain yang baiat kepada Nabi. Saat itu ia baru berusia 7 tahun.