Ummu Kultsum, Putri Rasulullah dan Khadijah

Ilustrasi wanita muslimah berhijab. (Net)

MOESLIM.ID | Ummu Kultsum adalah putri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Ibunya adalah Ummul Mu’minin Khadijah binti Khuwailid radhiallahu anha. Ia memeluk Islam saat ibunya memeluk Islam, kemudian ia dan saudari-saudarinya berbaiat kepada ayahnya saat wanita-wanita muslimah berbaiat kepada beliau. Selain memiliki ayah dan ibu yang mulia, ia juga memiliki suami yang istimewa. Yaitu Utsman bin Affan radhiallahu anhu.

Putri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ini sempat menikah dengan Utaibah bin Abu Lahab bin Abdul Muthalib. Pernikahan itu terjadi sebelum kenabian. Saat Rasulullah diutus dan Allah Ta’ala menurunkan firman-Nya,

تَبَّتْ يَدَآ أَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ

Baca Juga:  Shafiyah Binti Huyai, Istri Rasulullah Dari Kaum Bangsawan

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa.” (QS. Al Masad: 1)

Abu Lahab berkata kepada putranya, “Engkau haram bertemu denganku kalau tidak kau ceraikan putrinya Muhammad.” Utaibah pun menceraikan Ummu Kultsum sebelum mencampurinya.

Ummu Kultsum usianya lebih muda dibanding Ruqayyah dan lebih tua dari Fatimah. Di antara alasannya, sebelum menikah dengan Ummu Kultsum, Utsman merupaka suami Ruqayyah. Saat Ruqayyah wafat barulah Utsman menikahinya.

Ummu Kulstum memeluk Islam saat ibunya memeluk Islam. Ia membaiat ayahnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, bersamaan saudari-saudarinya dan kaum muslimah lainnya. Iapun hijrah ke Madinah mengikuti ayahnya shallallahu alaihi wasallam.

Baca Juga:  Kisah Hidup Qorun yang Sombong Dengan Kekayaannya