530.486 Siswa Ikuti Asesmen Kompetensi Madrasah 2024

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia 2024. (Foto: Kemenag)

Moeslim.id | Sebanyak 530.486 siswa madrasah dari 34 provinsi mengikuti Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang digelar oleh Kementerian Agama. Tahun ini, asesmen kompetensi berlangsung serentak di 12.573 Madrasah se Indonesia.

AKMI bertujuan mengukur kompetensi siswa madrasah pada aspek literasi membaca, numerasi, sains, dan literasi sosial budaya. Hasil AKMI menjadi data diagnostik untuk tindaklanjut perbaikan mutu pembelajaran di madrasah.

AKMI ini berlangsung dari 19-30 Agustus 2024, AKMI diikuti 156.756 siswa kelas V Madarasah Ibtidaiyah, 255.398 siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah, dan 118.132 siswa kelas XI Madrasah Aliyah.

Baca Juga:  Saksi Ahli Sidang Kasus Panji Gumilang, Ini Kata MUI

Asesmen ini penting dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

Hasil asesmen dapat dijadikan referensi akademik dalam mendiagnosis kompetensi siswa madrasah, juga dijadikan referebsi dalam mengintervensi perbaikan pembelajaran serta intervensi kebijakan lainnya.