Cara Mengucapkan Salam dan Tingkatan Pahalanya

Ilustrasi tangan ucapan salam. (Foto: kompas.com)

MOESLIM.ID | Arti ucapan salam “Assalamu alaikum” adalah perlindungan dan penjagaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bagimu, karena As Salam adalah salah satu dari nama-nama Allah yang maha Indah. Ada juga yang mengartikan keselamatan dan kesuksesan dari Allah bagimu. (Imam An Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim: 4/117)

Dari Imran bin Hushain Radhiyallahu anhu dia berkata:

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. فَرَدَّ عَلَيْهِ السَّلاَمَ ثُمَّ جَلَسَ، فَقَالَ النَّبِىُّ  صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ : «عَشْرٌ ». ثُمَّ جَاءَ آخَرُ فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ. فَرَدَّ عَلَيْهِ فَجَلَسَ، فَقَالَ: « عِشْرُونَ ». ثُمَّ جَاءَ آخَرُ فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ. فَرَدَّ عَلَيْهِ فَجَلَسَ، فَقَالَ « ثَلاَثُونَ » صحيح رواه أبو داود والترمذي وغيرهما.

Baca Juga:  Manfaat Shalat untuk Kesehatan Fisik dan Juga Mental

“Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam lalu berkata: Assalamu alaikum (semoga keselamatan dari Allah tercurah untukmu). Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam membalas salam orang tersebut, kemudian orang tersebut duduk dan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “(Dia mendapatkan) sepuluh kebaikan”. Kemudian datang orang lain kepada Beliau lalu berkata: Assalamu alaikum warahmatullah (semoga keselamatan dan rahmat dari Allah tercurah untukmu). Lalu Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang tersebut duduk dan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “(Dia mendapatkan) dua puluh kebaikan”. Kemudian datang lagi orang lain kepada Beliau lalu berkata: Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh (semoga keselamatan, rahmat dan keberkahan dari Allah tercurah untukmu). Lalu Beliau membalas salam orang tersebut, kemudian orang tersebut duduk dan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “(Dia mendapatkan) tiga puluh kebaikan”. (HR. Abu Dawud: 5195, At Tirmidzi: 5/52 dan Ahmad: 4/439)

Baca Juga:  Wahai Muslimah! Ini Dia Tips Agar Haid Selalu Lancar

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan orang yang mengucapkan salam dengan lafazh lengkap seperti yang tersebut di dalam hadits, karena dengan ini dia akan mendapatkan tiga puluh pahala kebaikan, artinya setiap lafazhnya mendapatkan sepuluh kebaikan.