Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar

MOESLIM.ID | Banyak jenis bakteri yang dapat tumbuh pada produk hewani sehingga penting untuk menyimpannya dengan benar dan aman.

Terlebih lagi, setelah Idul Adha banyak orang yang menerima jatah daging kurban, umumnya daging sapi atau daging kambing, yang harus disimpan dengan benar agar kualitasnya terjaga dan lebih awet.

Saat akan menyiapkan daging kurban untuk disimpan di lemari es, seringlah mencuci tangan karena bakteri dapat dengan cepat menyebar di antara tangan dan daging.

Selalu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik sebelum dan sesudah memegang daging kurban, baik daging mentah maupun daging yang dimasak.

Selain itu, karena bakteri dapat menyebar dengan mudah, siapkan daging di atas permukaan yang terpisah dari bahan makanan lain.

Dilansir dari Healthline, daging harus dijauhkan dari sayuran dan bahan-bahan lainnya agar bakterinya tidak tersebar. Kemudian, jangan lupa untuk membersihkan semua peralatan yang digunakan untuk mengolah atau menyimpan daging kurban.

Tips untuk menjaga keamanan pangan, salah satunya, adalah mengganti spons dan lap dapur secara teratur. Membersihkan peralatan makan dan memasak dengan spons dan handuk kotor dapat menyebarkan lebih banyak bakteri.

Jadi pastikan untuk membersihkan spons setiap dua hari sekali dan menggantinya sekitar satu minggu sekali.

Jika ingin menyimpan daging kurban di kulkas agar lebih tahan lama, membekukannya adalah pilihan yang terbaik. Waktu pembekuan dan pendinginan yang aman bergantung pada suhu penyimpanan.

Freezer harus diatur pada suhu -17,8 derajat celcius. Ini membantu mempertahankan nutrisi dan menjaga daging kurban tetap segar sehingga lebih tahan lama. Jika ingin daging lebih awet, saat tiba di rumah, daging harus langsung dimasukkan ke freezer.

Jangan menyimpan daging di lemari es terlebih dahulu selama beberapa hari dan kemudian membekukannya. Keluarkan daging kurban dari wadah dan bagi menjadi beberapa bagian sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Pembungkusan ganda (dua lapis bungkus plastik atau satu lapis bungkus plastik dan kantong pembeku) akan memperpanjang masa simpan daging kurban. Setelah itu, simpan bungkusan daging di bagian terdingin freezer, yakni bagian belakang yang jauh dari pintu.

Dengan cara penyimpanan ini, daging kurban bisa lebih awet dan bertahan selama dua hingga tiga bulan. Saat akan dimasak, terlebih dahulu lelehkan daging kurban dengan menyimpannya di lemari semalaman.(kompas.com)

Referensi Lainnya, klik: https://www.jabarnews.com