Inilah Cara Menyembelih Hewan yang Baik dan Benar

Ilustrasi menyembelih hewan. (Foto: gatra.com)

4. Membaringkan Hewan Sebelum Disembelih

“Aisyah Radhiyallahu anha menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam memerintahkan untuk dibawakan kibas, lalu beliau mengambil kibas itu dan membaringkannya kemudian beliau Shallallahu alaihi wa sallam menyembelihnya”. (HR. Muslim: 13/1967), Abu Daud: 2792 dan Al Baihaqi dalam Al Kubra: 9/276-280-286)

Berkata Imam Nawawi dalam Syarhus Shahih Muslim (13/130): Hadits ini menunjukkan sunnahnya membaringkan kambing ketika akan disembelih dan tidak boleh disembelih dalam keadaan kambing itu berdiri atau berlutut tetapi dalam keadaan berbaring karena lebih mudah bagi kambing tersebut dan hadits-hadits yang ada menuntunkan demikian juga kesepakatan kaum muslimin.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Menyewakan Lahan Pertanian Sesuai Syariat?

Ulama sepakat dan juga amalan kaum muslimin bahwa hewan yang akan disembelih dibaringkan pada sisi kirinya karena cara ini lebih mudah bagi orang yang menyembelih dalam mengambil pisau dengan tangan kanan dan menahan kepala hewan dengan tangan kiri.

5. Bagian Tubuh Yang Disembelih

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : الذَّكَاةُ فِي حَلْقِ اللُّبَّةِ

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu berkata: Penyembelihan dilakukan di sekitar kerongkongan dan labah. (HR. Abdurrazzaq: 8615)

Labah adalah lekuk yang ada di atas dada dan unta juga disembelih di daerah ini.(An Nihayah Fi Gharibil Hadits oleh Ibnul Atsir: 4/223)

Baca Juga:  Tips Menumbuhkan Rasa Cinta Antara Suami Istri (1)

Demikian cara menyembelih hewan yang baik dan benarsesuai dengan syariat Islam.(yhd)