Perintah Menjaga Anak-Anak Kita di Waktu Maghrib

MOESLIM.ID | Sering kita mendengar bahwa anak-anak tidak diperbolehkan keluar di waktu maghrib. Selain itu, orang tua kita juga sering menyuruh kita untuk menutup pintu di waktu maghrib. Tapi, tahukah kita alasan di balik itu semua?.

Ternyata dalam Islam hal tersebut juga disunahkan karena berbagai alasan. Hikmah dari anjuran menutup pintu dan meminta anak-anak masuk rumah pada petang hari jelang maghrib yaitu bertujuan menjaga anak-anak kita dari setan dan jin.

Anak-anak hendaknya dilarang untuk bermain menjelang tenggelamnya matahari (menjelang shalat maghrib).

Baca Juga:  Meninggalkan Syahwat yang Haram Jaminannya Surga

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

«إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ –أَوْ أَمْسـيتُمْ– فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ، فَإنَّ الشيطَانَ يَنْتَشـر حِينَئِذٍ، فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنَ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ، وَأَغْلِقُوا الأَبْوَابَ، وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّهِ، فَإنَّ الشيطَانَ لاَ يَفْتَحُ بَاباً مُغْلَقاً»

Jika masuk awal malam (atau waktu maghrib), maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup”. (HR. Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012)

Baca Juga:  5 Tips Meraih Ketenangan dan Keberkahan Hidup

Berdasarkan hadits di atas, anak-anak tidak boleh bermain keluar rumah beberapa saat sebelum masuk waktu maghrib karena pada saat itu, setan-setan sedang berkeliaran.

Termasuk sunnah, memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib. Dan termasuk sunnah, menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah ta’ala.

Mengerjakan dua adab ini merupakan salah satu upaya menjaga diri dari setan dan jin. Menahan anak-anak di rumah ketika awal waktu maghrib merupakan bentuk upaya menjaga anak-anak dari setan yang berkeliaran di waktu tersebut, demikian pula menutup pintu rumah sambil menyebut nama Allah pada saat tersebut.

Baca Juga:  Syarat Do'a yang Diijabah Seperti Nabi Ibrahim dan Ismail

Betapa banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan pada waktu maghrib, sedangkan orang tua si anak dan si empunya rumah tidak menyadarinya. Betapa besarnya penjagaan Islam untuk anak-anak dan rumah-rumah kita.(ssn)

Referensi Lainnya, klik: https://www.jabarnews.com