Tips Menghilangkan Lemak Pada Daging Sapi

MOESLIM.ID | Daging sapi merupakan salah satu jenis daging yang cukup umum dikonsumsi sehari-hari. Sama halnya dengan daging pada umumnya, sapi juga memiliki bagian kandungan lemak yang terdapat di dalamnya. Hal ini lah yang membuat cita rasa pada menu sapi menjadi lebih enek dan tak sehat.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips mengolah daging sapi agar bebas dari lemak, berikut lima daftarnya.

1. Pilih Daging Sapi yang Sedikit Lemak

Sebelum memulai proses pengolahan, kamu harus memilih daging sapi terlebih dahulu. Supaya tak repot dalam membuang lemak pada daging, kamu dapat memilih bagian daging yang memiliki lemak minim dibandingkan dengan daging pada umumnya. Bagian yang memiliki lemak yang minim adalah pinggang sapi atau sirloin. 

Baca Juga:  Makan Tujuh Kurma Ajwah Bisa Menangkal Racun dan Sihir

2. Bekukan Daging Sebelum Dibersihkan

Apabila kamu telanjur membeli daging sapi dalam ukuran besar, maka kamu dapat memasukan daging tersebut ke dalam freezer terlebih dahulu. Setelah membeku, keluarkan kembali daging dan diamkan sekitar 20 menit hingga sedikit mencair. Selanjutnya, kamu dapat mulai membersihkan bagian lemaknya pada daging. Membersihkan lemak saat daging masih sedikit membeku tentunya akan jauh lebih mudah.

3. Ganti Air Rebusan Beberapa Kali

Pada saat proses perebusan sapi agar teksturnya menjadi lebih empuk, biasanya akan tersisa lemak-lemak yang mengambang pada air rebusan. Oleh sebab itu, kamu perlu rajin dalam mengganti air rebusan pada sapi agar lemaknya tak menempel. Dengan begitu, maka daging sapi akan bebas dari lemak.

Baca Juga:  Mencicipi Hidangan Spesial Khas Negara Uzbekistan

4. Mengolah Daging Sapi Sehari Sebelumnya

Pada beberapa jenis menu, kamu dapat mengolah daging sapi sehari sebelumnya. Cara ini dilakukan agar nantinya daging sapi dapat diletakkan pada kulkas terlebih dahulu. Biasanya bagian lemak pada sapi akan banyak mengapung pada bagian atas. Tentunya kamu dapat dengan mudah membersihkan lemak-lemaknya. 

5. Hilangkan Lemak Dengan Tusukan Besi

Apabila kamu akan mengolah daging sapi dengan menggunakan teknik pemanggangan, maka kamu dapat mencoba untuk memilih potongan besi sebagai medianya. Cara ini cukup ampuh untuk membuat bagian lemaknya menetes dan hilang. Hindari untuk menambahkan minyak olesan pada daging sapi karena hanya akan menambah kandungan lemaknya.

Baca Juga:  Inilah Cara Ta'aruf yang Benar Sesuai Syariat Islam

Nah, aneka tips di atas dapat menjadi acuan untukmu dalam mengolah daging sapi agar terhindar dari lemak-lemak yang membandel. Mudah, bukan?.(idntimes.com)

Referensi Lainnya, klik: https://www.jabarnews.com