Tips Meraih Pahala Lailatul Qadar yang Dahsyat

Ilustrasi malam lailatul qadar. (Foto: medium.com)

Dan hadits lainnya dari A’isyah radhiallahu anha, beliau berkata:

كان رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ يجتهدُ في العشرِ الأواخرِ ، ما لا يجتهدُ في غيرِه

Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam bersungguh-sungguh pada sepuluh malam terakhir dengan kesungguhan yang tidak beliau lakukan pada waktu-waktu lainnya“. (HR. Muslim: 1175)

2. Memperbanyak doa

Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “Dan sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa pada setiap waktu, terlebih di bulan Ramadhan, dan terutama lagi pada sepuluh malam akhirnya, di malam-malam ganjilnya”. (Tafsir Al Quranil Azhim: 8/451)

Baca Juga:  Tips Selalu Romantis Pasangan Suami Istri Ala Rasulullah

Dan doa yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam adalah seperti yang ditunjukkan oleh hadits A’isyah berikut ini,

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ « قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

“Beliau berkata: Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadr, doa apa yang aku katakan? Beliau berkata, “Katakan: Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwan fa’fu anni, artinya; Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai maaf, maka maafkan aku”. (HR. At Tirmidzi: 3513, Ibnu Majah: 3850, dan lain-lain.

Baca Juga:  Manfaat Shalat untuk Kesehatan Fisik dan Juga Mental