Adeebul Hasan Rizvi

Adeebul Hasan Rizvi. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Syed Adeebul Hasan Rizvi adalah seorang dermawan Pakistan, dokter, ahli bedah transplantasi ginjal dan pendiri Institut Urologi dan Transplantasi Sindh (SIUT), pusat transplantasi ginjal terbesar di Pakistan. Lembaga ini berafiliasi dengan Rumah Sakit Sipil terdekat, Karachi.

Rizvi lahir pada 11 September 1938 di sebuah desa kecil Kalanpur di distrik Jaunpur, Uttar Pradesh, India Britania. Ia lulus dari Dow Medical College di Karachi, Pakistan pada tahun 1968. Setelah itu ia pergi ke Inggris untuk melanjutkan pelatihan pascasarjana.

Baca Juga:  Dalia Mogahed

Setelah menyelesaikan studinya di sana, ia kembali ke Pakistan. “Saat itu kebanyakan orang pulang dari Inggris dengan mobil, tapi coba tebak, Dr. Rizvi kembali dengan membawa kontainer penuh peralatan medis”.

Saat tinggal di Inggris, Rizvi terinspirasi oleh Layanan Kesehatan Nasional dan memutuskan untuk mencoba ide tersebut di Pakistan. Rizvi mendirikan bangsal urologi dengan delapan tempat tidur di Rumah Sakit Sipil, Karachi pada tahun 1970.

SIUT dimulai sebagai bangsal dengan delapan tempat tidur di Rumah Sakit Sipil, Karachi, dan telah berkembang menjadi Institut Urologi dan Transplantasi terkemuka & terbesar di Pakistan dengan cabang (pusat satelit) yang tersebar dari Kathore dekat Karachi hingga jauh ke utara di Azad Kashmir.