Azim Hashim Premji

Azim Hashim Premji. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Azim Hashim Premji adalah seorang pengusaha, investor, filantropis yang berasal dari India. Ia adalah pemimpin perusahaan Wipro Limited, yang bergerak di bidang IT outsourcing, beberapa kliennya adalah Microsoft, Toshiba, ABB dan Philip Morris.

Pada 2015, Forbes menempatkannya pada posisi ke-3 dalam daftar orang terkaya di India, dan posisi ke-48 orang terkaya di dunia. Ia juga dua kali masuk (tahun 2004 dan 2011) dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi Majalah TIME.

Baca Juga:  Taoufik Makhloufi

Azim Premji dilahirkan pada 24 Juli 1945 di Bombay, India di dalam keluarga muslim Shia. Keluarganya berasal dari daerah Kutch di Gujarat. Ayahnya adalah seorang pengusaha yang dikenal sebagai “Rice King of Burma”. Ayahnya, Muhammed Hashim Premji mendirikan perusahaan Western Indian Vegetable Products Ltd, yang berbasis di Amalner, distrik Jalgaon, Maharashtra.

Selain itu ayahnya juga memiliki pabrik minyak goreng dengan merk dagang Sunflower Vanaspati dan sabun cuci “787”. Pada 1966 ayahnya meninggal dunia, Azim Premji yang saat itu masih berumur 21 tahun akhirnya pulang ke India, dari sekolahnya di Stanford University, Amerika Serikat.

Baca Juga:  Budi Karya Sumadi

Ia melanjutkan perusahaan ayahnya ke beberapa produk lain seperti perlengkapan mandi bayi, produk pencahayaan, silinder hidraulis dan mulai memasuki bidang teknologi. Ia mengbah nama perusahaannya menjadi Wipro dan mulai bergeser fokus ke perusahaan perangkat lunak.