Khaled Mashal

Khaled Mashal. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Khaled Mashal adalah seorang pemimpin politik Palestina dan menjadi pemimpin utama pergerakan Hamas, sebuah organisasi paramiliter Islam di Palestina dan partai politik, sejak pembunuhan Abdel Aziz Al Rantissi pada 2004.

Ia juga memimpin biro politik Hamas cabang Suriah. Setelah mendirikan Hamas pada 1987, Mashal datang ke Kuwait untuk memimpin cabang organisasi tersebut di sana.

Mashal merupakan kritikus vokal dari Presiden Otoritas Palestina Yasser Arafat, sering menolak untuk mengikuti perintah yang dikeluarkan oleh PA mengenai gencatan senjata dengan Israel.

Baca Juga:  Dalia Mogahed

Mashal pindah dari Kuwait ke Yordania pada 1991.Sejak pengusiran para pemimpin Hamas dari Yordania pada Agustus 1999, Mashal tinggal di Qatar sebelum pindah ke ibu kota Suriah, Damaskus pada 2001.

Mashal lahir pada 28 Mei 1956 di Silwad, sebuah desa utara dari Ramallah. Dia bersekolah di Sekolah Dasar Silwad sampai pecah Perang Enam Hari pada 1967. Ayahnya memindahkan mereka sekeluarga ke Kuwait karena alasan keuangan.