Muhammad Nawaz Sharif

Muhammad Nawaz Sharif. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Muhammad Nawaz Sharif adalah seorang pengusaha dan politikus Pakistan yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Pakistan selama tiga periode tidak berturut-turut.

Dia adalah perdana menteri Pakistan yang paling lama menjabat, total menjabat lebih dari 9 tahun dalam tiga masa jabatan. Setiap masa jabatan telah berakhir dengan pemecatannya.

Nawaz lahir pada 25 Desember 1949, dari keluarga kelas menengah atas Sharif di Lahore, Nawaz adalah putra Muhammad Sharif, pendiri kelompok Ittefaq dan Sharif. Dia adalah kakak laki-laki dari Shehbaz Sharif, yang juga menjadi perdana menteri Pakistan pada tahun 2022.

Baca Juga:  Mohamed Aly El Erian

Menurut Komisi Pemilihan Umum Pakistan, Nawaz adalah salah satu orang terkaya di Pakistan, dengan perkiraan kekayaan bersih setidaknya Rs. 1,75 miliar (setara dengan Rs 8,9 miliar atau US$31 juta pada tahun 2021). Sebagian besar kekayaannya berasal dari bisnisnya di bidang konstruksi baja.

Sebelum memasuki dunia politik pada pertengahan 1980an, Nawaz belajar bisnis di Government College dan hukum di Universitas Punjab. Pada tahun 1981, Nawaz diangkat oleh Presiden Zia sebagai menteri keuangan provinsi Punjab.