Sadiq Khan

Sadiq Khan. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Sadiq Aman Khan adalah seorang politikus Britania Raya yang menjabat sebagai Wali Kota London sejak 2016 dan anggota parlemen untuk wilayah Tooting semenjak ia terpilih dalam pemilihan umum Britania Raya 2005.

Ia adalah anggota Partai Buruh. Secara ideologis, ia merupakan seorang demokrat sosial yang moderat. Ia merupakan orang non-kulit putih, keturunan Pakistan, dan Muslim pertama di Inggris yang mengemban jabatan sebagai wali kota London.

Khan lahir pada 8 Oktober 1970 di London dan memperoleh gelar sarjana hukum di Universitas London Utara. Ia kemudian berprofesi sebagai seorang solicitor yang berspesialisasi dalam bidang hak asasi manusia.

Baca Juga:  Muhammad Ahmad Hussein

Khan pernah menjabat sebagai kanselir di London Borough of Wandsworth dari tahun 1994 hingga 2006. Pada tahun 2008, ia diangkat sebagai Menteri Negara untuk Komunitas oleh Perdana Menteri Gordon Brown dan menjadi orang Pakistan Britania kedua yang menjabat di pemerintahan.

Khan kemudian menjadi Menteri Negara untuk Transportasi. Ia bergabung dengan kabinet bayangan Ed Miliband sebagai Secretary of State for Justice bayangan dan Lord Chancellor bayangan pada tahun 2010.