Sheikh Muhammad Taqi Usmani

Sheikh Muhammad Taqi Usmani. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Muhammad Taqi Usmani adalah seorang sarjana Hadits asal Pakistan, ia menguasai yurisprudensi serta keuangan Islam dan dianggap sebagai sosok intelektual bagi Deobandi School of Islamic.

Sosok pengajar sekaligus penulis kelahiran Deobandi, India, 5 Oktober 1943 ini, merupakan seorang pemimpin di sekolah yang mengajarkan hadis, yurisprudensi, dan keuangan secara Islami.

Ia juga seorang ahli keuangan syariah yang kini dipercaya menjadi ketua dari belasan bank syariah dan institusi keuangan. Saat ini, Usmani juga memimpin sebuah lembaga internasional bernama Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution (AAOIFI) di Bahrain.

Baca Juga:  Azim Hashim Premji

Ia menjabat sebagai Hakim Mahkamah Agung Syariah di Mahkamah Agung Pakistan dari tahun 1982 hingga Mei 2002. Ia adalah sosok penting dalam Deobandi Movement, yaitu gerakan politik Islam Sunni yang berasal dari India dan Pakistan.

Dia adalah anak dari Mufti Muhammad Shafi yang mendirikan Darul Uloom, Karachi, yakni pusat pendidikan Islam terkemuka di pakistan.