Gamis Koko, Bisa Untuk Ibadah atau Aktifitas Keseharian

Gamis Koko, bisa untuk ibadah atau aktifitas keseharian. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Baju koko berasal dari pakaian China yang kini sudah identik dengan busana Muslim. Di Indonesia, baju koko diidentikkan dengan baju muslim kaum pria. Biasanya, baju ini selalu laris dicari pria menjelang Lebaran.

Istilah ‘baju koko’ ini muncul karena panggilan pria Tionghoa adalah engko-engko. Dalam bahasa Indonesia, panggilan tersebut sering disebut koko. Baju surjan dari Jawa dipercaya masyarakat sebagai pencetus lahirnya baju koko di Indonesia.

Baju koko awalnya berasal dari pakaian budaya tradisional masyarakat Tionghoa, namun kini berkembang dengan model gamis yang menjadi baju muslim pria, bahkan dipakai juga dalam acara-acara formal atau resmi di Indonesia.

Baca Juga:  Kacamata Aviator, Legendaris dan Makin Trendi

Baju gamis koko biasanya terbuat dari bahan yang ringan seperti katun, dengan pilihan warna yang umumnya netral seperti putih, hitam, atau abu-abu.

Saat ini, baju gamis koko punya model formal dengan balutan kerah di area leher. Dengan kata lain, kehadiran kerah seperti ini bisa masuk dalam kategori baju formal, cocok untuk kondangan yang memang acara formal.