Jenis Sajadah yang Nyaman di Pakai Untuk Shalat

MOESLIM.ID | Sajadah (dalam Arab, سجادة sajjādah) adalah alat yang terbuat dari kain yang biasanya memiliki gambar dan corak bernuansa Islam. Sajadah digunakan kaum Muslim sebagai alas untuk menjaga agar tetap terjaga kebersihan saat melaksanakan shalat.

Sajadah pada umumnya memiliki ukuran yang cukup besar untuk mencakup seluruh bagian tubuh ketika melakukan sujud agar tetap bersih selama shalat. Ukuran sajadah pada umumnya 0,91m×1,5m atau 1,2m×1,8m.

Selain itu, penggunaan sajadah juga dapat membantu kita lebih tenang dan khusyuk ketika dalam posisi sujud. Jika tanpa alas, mungkin ada debu atau pasir dan bahkan bau yang bisa mengganggu, dengan alas sajadah permukaan jadi lebih rata dan bau yang netral.

Baca Juga:  Hukum Memakai Tas Yang Terbuat Dari Kulit Binatang Buas

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis sajadah yang biasa digunakan sebagai alas sholat semakin beragam. Dari jenis kain, ketebalan hingga motif dan kegunaannya.

Berikut ini jenis sajadah populer dan unik yang bisa Anda pilih untuk mendukung kenyamanan dalam beribadah:

Sajadah Beludru

Jenis sajadah ini banyak digemari orang-orang. Bahannya yang berstruktur halus, rata dengan berat yang relatif ringan. Mudah dilipat sehingga cocok dibawa bepergian. Jenis sajadah ini biasanya kerap menjadi oleh-oleh atau buah tangan.

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Memutihkan Gigi Dalam Islam?

Sajadah Turki

Sajadah impor yang banyak digemari orang Indonesia adalah sajadah Turki. Karena sudah terkenal kualitas bahannya yang tidak mudah rusak atau rontok. Keunggulan lainnya adalah dari desain dan motif-motif yang elegan. Selain sajadah import, ada pula produk lokal yang mengadopsi motif dan desain sajadah turki.

Sajadah Madinah

Sajadah Spesial dari Madinah Al-Munawarah dengan motif yang sama dengan sajadah yang ada di dalam Masjid Nabawi. Warna hijau seperti alas atau karpet yang digunakan di area raudhah, sedangkan warna merah hampir di seluruh area Masjid Nabawi.

Baca Juga:  Rekomendasi Produk Bedak Halal Dengan Harga Terjangkau

Sajadah Tenun

Selanjutnya ada sajadah tenun. Proses tenun yang dilaluinya membuat tekstur sajadah ini unik. Keindahan sederhana yang dihasilkan berhasil merepresentasikan budaya lokal. Karena keunikannya, sajadah ini kerap menjadi buah tangan.

Sajadah Batik

Selain tenun, sajadah batik juga digemari masyarakat. Pola batik yang khas membuat sajadah ini menarik bagi para penggunannya. Proses pembuatan dengan mesin maupun tradisional menjadi faktor penentu nilai jual sajadah batik.(bbs)