Ada Kenaikan Biaya Umrah 2021 Hingga Rp35 Juta

Ilustrasi ibadah Umrah saat pandemi. (kilat.com)

MOESLIM.ID | JAKARTA – Setelah sebelumnya ditutup karena pandemi Covid-19, akhirnya masyarakat muslim Indonesia yang ingin beribadah umrah bisa segera berangkat, namun ada kenaikan biaya umrah menjadi Rp 30 juta hingga Rp 35 juta.

Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi tengah dalam pembahasan tahap akhir mengenai prosedur serta persyaratan kesehatan untuk mengikuti umrah, termasuk komponen biaya umroh 2021 yang akan dibebankan kepada calon jemaah.

Sejauh ini, Indonesia menjadi salah satu negara berstatus ditangguhkan untuk melakukan perjalanan langsung ke Arab Saudi di tengah angka kasus Covid-19 dan kematian yang masih tinggi. 

Baca Juga:  18.752 Jemaah Umrah Siap Berangkat Desember 2021

Asosiasi penyelenggara umrah dan haji memperkirakan kebijakan Arab Saudi akan mengerek biaya umrah 2021 dua kali lipat, dan biaya umrah 2021 ini sangat tergantung dari hasil lobi Pemerintah Indonesia. 

Pemerintah Arab Saudi sudah menerima permintaan umrah bagi seluruh dunia. Pemerintah Riyadh mengatakan akan meningkatkan kapasitas umrah hingga 2 juta per bulan dari sebelumnya hanya 60.000 kunjungan per bulan.  

Dalam keterangan lain yang diterima Kementerian Agama, ketentuan calon jemaah umrah sembilan negara yaitu India, Pakistan, Mesir, Turki, Argentina, Brasil, Afrika Selatan, Lebanon, termasuk Indonesia harus menjalani karantina 14 hari di negara ketiga sebelum tiba di Arab Saudi.

Baca Juga:  Sebanyak 2.200 Pekerja Bersihkan Masjidil Haram Per Hari

Selain itu, Arab Saudi hanya menerima jemaah yang sudah mendapat vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson&Johnson.