Harga Paket Umrah Bulan Ramadhan Naik Dua Kali Lipat

Ilustrasi ibadah Umrah di bulan Ramadhan. (Foto: liputan6.com)

MOESLIM.ID | RIYADH – Operator perjalanan umrah di Riyadh, Arab Saudi menggandakan dua kali lipat harga paket wisata umrah bulan Ramadhan dari harga reguler 110 riyal atau setara Rp 423,6 ribu menjadi 200 riyal atau setara Rp 770 ribu untuk setiap orang.

Harga ini akan meningkat tiga kali lipat untuk mengantisipasi kesibukan yang tinggi selama Ramadhan. Harga paket akan meningkat menjadi 300 riyal atau setara Rp 1,1 juta selama Qiyam Al-Layl, yakni sepuluh hari terakhir bulan suci.

“Serbuan besar terjadi di bulan suci Ramadhan karena sebagian besar orang ingin menghabiskan hari-hari ini di kota-kota suci Makkah dan Madinah”, ucap salah satu operator umroh ternama di Riyadh, dilansir Arab News, Ahad (24/4/2022).

Baca Juga:  Jemaah Umrah Indonesia Disuspend Terkait Masalah Vaksin

Kenaikan harga paket ini karena ramainya jamaah selama Ramadhan. Mereka juga menyebut kenaikan PPN menjadi 15 persen menjadi salah satu penyebab melonjaknya harga tahun ini.

Harga paket umrah naik setiap tahun selama bulan Ramadhan. Sebelum pandemi corona naik hingga 200 riyal atau setara Rp 770 ribu hingga 2019. Serbuan masuknya jamaah tertahan pada 2020 dan 2021 karena pembatasan Covid-19.