Sayembara Desain Batik Haji Indonesia 2023 Diikuti 422 Peserta

Sayembara Desain Batik Haji Indonesia 2023. (Foto: Kemenag)

MOESLIM.ID | Peserta Sayembara Desain Batik Haji Indonesia tahun 2023 yang diselenggarakaan Kementerian Agama cukup antusias, hal itu ditandai dengan jumlah pendaftar yang tinggi.

“Alhamdulillah, sampai dengan penutupan pendaftaran, total ada 422 peserta yang mendaftar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia,” kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Saiful Mujab dalam rapat Dewan Juri di kantor pusat Kementerian Agama Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Pendaftaran Sayembara Desain Batik Haji Indonesia dibuka secara online dari 25 Agustus – 6 September 2023. Saat ini, sayembara sudah memasuki tahap penjurian.

Ada lima dewan juri yang terlibat, yaitu: Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas (Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama), Yufie Safitri (Owner, Designer and Creative Director), Irna Mutiara (Fashion Designer), Monika Jufry (Creative Director), dan Komarudin Kudiya (Ketua Umum Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia)

“Tahap berikutnya adalah penilaian oleh dewan juri. Mereka akan melakukan penilaian mulai dari originalitas desain, komposisi desain, estetika, termasuk kerumitan dalam proses produksi. Sebab, batik ini nantinya akan dibuat dalam rupa batik cap yang diproduksi oleh UMKM,” sebut Saiful Mujab.