Mengenal Aneka Makanan Tradisional Khas Albania

MOESLIM.ID | Albania merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa sebelah tenggara yang berbatasan dengan Turki, Serbia, Swiss dan Italia. Negara ini dikenal sebagai negara yang memiliki toleransi tinggi antar umat beragama.

Anda yang hendak liburan ke Albania, wajib mengunjungi beberapa kota menarik seperti Tirana, Gjirokastra dan lain-lain. Selain itu Anda juga wajib mencicipi makanan khas Albania yang penuh dengan cita rasa.

Berlibur tanpa menikmati sajian khas daerah tersebut rasanya pasti kurang. Ya, untuk itu, selain menikmati wisata budaya, sejarah dan alam, Anda juga harus menikmati makanan khas Albania.

Masakan Albania berakar pada Kekaisaran Ottoman kuno. Kombinasi tanah subur subur, kedekatan dengan laut, dan garis-garis budaya buram dengan tetangga mereka telah memuncak dalam masakan modern yang beragam dan sederhana. Pengaruh modern termasuk Yunani, Italia, dan Turki.

Daging dan sayuran adalah makanan pokok, bersama dengan semur yang berat, acar kubis, keju feta, roti, nasi, dan daging asap.

Baca Juga:  Membuat Nasi Goreng Babat Khas Kota Semarang yang Enak

Sayuran yang paling populer ditanam adalah terong, paprika, tomat, mentimun, zaitun (yang menyertai sebagian besar makanan), dan kacang-kacangan. Sangat Mediterania! Vegetarian harus diperingatkan. Ada banyak salad di masa depan Anda – untungnya, ada banyak produk segar untuk dinikmati.

Saat berbicara tentang makanan, pelancong dapat membagi negara menjadi tiga wilayah. Di utara, pokoknya adalah jagung bubuk. Tidak hanya digunakan untuk sebagian besar roti, juga cukup fleksibel untuk membuat hidangan manis dan asin. Iklimnya bagus di sana yang artinya ada beragam sayuran dan buah segar.

Anda akan melihat sebagian besar kentang, wortel, kol, kacang merah, bawang, bawang putih, dan kacang kenari. Hidangan tradisional di utara termasuk casserole daging dan sayuran, pasta, ayam, nasi, sudjuk (mirip dengan salami), dan petula (adonan goreng yang dibuat manis atau gurih).

Baca Juga:  Ayam Taliwang Khas Mataram yang Lezat dan Legendaris

Jika Anda mengunjungi Shkoder, Anda akan dapat menikmati hidangan ikan mas dan jerawat berkat banyaknya danau dan sungai di dekatnya.

Albania tengah memiliki jenis tanah yang bisa tumbuh apa saja. Fitur unggas banyak dalam hidangan di sini, bebek, angsa, ayam, dan kalkun semuanya dibesarkan di sini. Nelayan menangkap flounder, hinggap, belanak abu-abu, dan sol di Laut Adriatik.

Anda akan menemukan kue telur, bayam, atau kubis, kue jelatang, hati, dan dadih. Tav elbasani adalah highlight yang tidak ingin Anda lewatkan. Itu dibuat dengan memanggang daging dalam yogurt.

Hidangan daging adalah makanan yang paling banyak ditemukan di Albania. Yang paling populer adalah rebusan daging sapi muda (ferges), daging sapi panggang dalam saus susu fermentasi (rosto-misalche-kosi), kubis gulungan (sarma), dan domba yang dipetik diisi dengan daging dan sayuran (kukurech). Hampir semua hidangan daging disajikan dengan roti dan/atau nasi, serta beberapa sayuran hijau.

Baca Juga:  Colenak, Camilan yang Manis Untuk Berbuka Puasa

Hidangan nasional adalah domba panggang, nasi, dan saus yoghurt yang disebut tavë kosi. Ibu semua orang membuat yang terbaik! Spesialisasi lainnya termasuk langkah, yang dibuat dengan merebus kepala hewan (biasanya babi, sapi, atau domba) sampai dagingnya terlepas.

Ini kemudian dibuat menjadi sup dengan bawang, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Anda juga bisa mencoba harapash, hidangan berbahan dasar polenta yang dimasak dengan usus domba, mentega, keju, dan tepung jagung.

Makanan pembuka atau piring-piring makan malam biasanya disajikan dengan salami, prosciutto, keju feta, zaitun hijau, dan paprika merah panggang.

Untuk mengikutinya, cobalah koran, spesies ikan trout yang khas Albania, jufka, pasta buatan tangan, oofte ferguara, daging domba atau bakso daging sapi goreng yang disajikan dengan keju dan roti feta, atau flifa, pancake besar, lebih seperti kue, dibuat dengan krep berlapis dan disajikan dengan keju krim meleleh.(bbs)