Sup Minestrone Khas Italia yang Sederhana dan Sedap

Sup Minestrone khas Italia. (Foto: Facebook)

MOESLIM.ID | Minestrone adalah sup yang berasal dari Italia. Sup ini berasal dari kata “minestra”, istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental. Umumnya minestrone dimasak dari kuah tomat yang diberi isi berupa polong, bawang, seledri, tomat cincang dan wortel, lalu ditambah pasta.

Minestrone adalah masakan Italia paling merakyat, dimana setiap daerah punya variasi resepnya masing-masing. Sejarahnya, kemungkinan sup ini dibuat dari sisa-sisa makanan yang tak terpakai.

Masakan ini berasal dari resep para petani yang ingin membuat masakan sederhana namun bergizi dan mengenyangkan. Ada istilah tersendiri yang mengkategorikan masakan sederhana yang diciptakan di dapur rakyat, yaitu cucina provera atau masakan orang miskin.

Baca Juga:  Ayam Percik Khas Malaysia yang Menggugah Selera

Walau begitu, orang Italia sangat mencintai minestrone sehingga di tiap-tiap rumah dan daerah, mereka menciptakan variasi yang sangat banyak.

Di Italia, posisi sup ini dapat disejajarkan dengan pasta. Tidak ada resep yang baku untuk memasaknya, tetapi masyarakat Italia menggunakan bahan-bahan seadanya yang saat itu tersedia di dapur.