Tahu Tek Khas Kota Surabaya yang Renyah dan Nikmat

Tahu tek khas kota Surabaya. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Tahu tek adalah makanan khas Jawa Timur khususnya di Kota Surabaya. Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, telur dan kentang goreng.

Ditambah juga dengan sedikit taoge, dan irisan ketimun dipotong kecil-panjang seperti acar, lalu setelah disiram dengan saus kacang dengan campuran petis di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil-kecil.

Biasanya, potongan tahu dan lontong disiram dengan bumbu yang terbuat dari petis, air matang secukupnya, kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Bumbu diulek atau ditumbuk sambil diaduk dengan ulekan dalam cobek cekung besar terbuat dari batu sampai bumbu ini menyatu menjadi saus yang pekat.

Satu porsi tahu tek terdiri dari tahu goreng setengah matang yang digunting kecil-kecil disajikan bersama guntingan lontong, potongan kentang, sedikit tauge, irisan timun dan siraman bumbu petis, dilengkapi taburan kerupuk.

Selain menggunakan tahu goreng biasa, variasi lain tahu tek adalah menggunakan tahu yang dicelup kocokan telur sebelum digoreng. Variasi ini juga dikenal sebagai tahu telor.