Tabbaruk Dengan Membaca Al Quran, Ini Keistimewaannya

Santriwati tahfizh Al Quran Ma'had Islahul Ummah. (Foto: IU)

Moeslim.id | Al Qur’an adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala Rabb semesta alam. Allah menurunkannya kepada Rasul-Nya Muhammad sallallahu alaihi sallam untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya.

Allah telah menjelaskan dalam Al Qur’an berita mengenai generasi awal dan terakhir, penciptaan langit dan bumi, di dalamnya memperinci halal dan haram, pokok adab, akhlak dan hukum ibadah, muamalah.

Begitu juga biografi para Nabi dan orang-orang sholeh. Balasan orang mukmin dan orang kafir. Penjelasan sifat surga tempat tinggal orang mukmin dan sifat neraka tempat tinggal orang kafir. Dan menjelaskan segala sesuatu.

Baca Juga:  Christian Sugiono Jadi Mualaf Sebelum Menikah

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan manusia agar membaca kitab-Nya dan menyebutkan kandungan serta keberkahan bagi siapa saja yang membacanya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan keutamaan dan keberkahan membaca Al Quran dalam firman-Nya;

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)