Tasyabbuh Pada Perayaan Tahun Baru, Ini Bahayanya

Tasyabbuh pada perayaan tahun baru. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Di jaman ini, tidak sedikit dari kaum muslim yang gemar meniru gaya dan penampilan bahkan akhlak dan tingkah lakunya mengikuti budaya orang kafir (tasyabbuh).

Seperti halnya model rambut, cara berpakaian dan penampilan, termasuk perayaan seperti ulang tahun dan tahun baru yang banyak dari muda-mudi muslim ikut merayakannya, semuanya itu diimpor dari ajaran non-muslim, bukan ajaran Islam.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda;

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَأْخُذَ أُمَّتِى بِأَخْذِ الْقُرُونِ قَبْلَهَا ، شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ  . فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَفَارِسَ وَالرُّومِ . فَقَالَ  وَمَنِ النَّاسُ إِلاَّ أُولَئِكَ

Baca Juga:  Takut Hantu atau Jin, Bagaimana Hukumnya Dalam Islam?

Kiamat tidak akan terjadi hingga umatku mengikuti jalan generasi sebelumnya sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta”. Lalu ada yang menanyakan pada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, ‘Apakah mereka itu mengikuti seperti Persia dan Romawi?’. Beliau menjawab, ‘Kalau bukan mereka, lantas siapa lagi?‘.” (HR. Bukhari no. 7319)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda;

لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِى جُحْرِ ضَبٍّ لاَتَّبَعْتُمُوهُمْ , قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ : فَمَنْ

Baca Juga:  Tathayyur, Budaya Jahiliyah yang Melekat di Masyarakat

Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun), pasti kalian pun akan mengikutinya‘. Para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?‘ Beliau menjawab, ‘Lantas siapa lagi?‘.” (HR. Muslim no. 2669)

Dan tidak diragukan lagi bahwa umat Islam kini banyak yang mengikuti jejak Yahudi dan Nashrani dalam segala perkara.