Jin Ifrit, Makhluk yang Paling Buruk dan Durhaka

Ilustrasi jin Ifrit yang durhaka. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Ifrit adalah salah satu jin yang membuat janji pada Nabi Sulaiman alaihissalam untuk menghadirkan singgasana kerajaan Yaman ke Baitul Maqdis.

Ifrit menjanjikan singgasana tersebut akan datang dalam waktu singkat yaitu tidak sampai Sulaiman berdiri dari tempat duduknya.

Hal ini disebutkan dalam firman Allah Ta’ala,

قَالَ عِفْريتٌ مِنَ الْجِنِّ أَنَا آَتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ تَقُومَ مِنْ مَقَامِكَ وَإِنِّي عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ أَمِينٌ قَالَ الَّذِي عِنْدَهُ عِلْمٌ مِنَ الْكِتَابِ أَنَا آَتِيكَ بِهِ قَبْلَ أَنْ يَرْتَدَّ إِلَيْكَ طَرْفُكَ فَلَمَّا رَآَهُ مُسْتَقِرًّا عِنْدَهُ قَالَ هَذَا مِنْ فَضْلِ رَبِّي لِيَبْلُوَنِي أَأَشْكُرُ أَمْ أَكْفُرُ وَمَنْ شَكَرَ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ رَبِّي غَنِيٌّ كَرِيمٌ

Baca Juga:  Imam At Tirmidzi, Ahli Hadits yang Berjasa Untuk Islam

Berkata Ifrit dari golongan jin; ‘Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu, sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya’. Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab; ‘Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip’. Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, ia pun berkata; ‘Ini termasuk karunia Rabbku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Rabbku Maha Kaya lagi Maha Mulia‘.” (QS. An Naml: 39-40)

Baca Juga:  Kisah Alqamah yang Durhaka Kepada Ibunya, Fiktif Atau Nyata?

Ifrit membawa singgasana kerajaan Yaman dalam waktu cukup singkat. Ifrit membawanya sebelum Sualiman berdiri dari duduknya.

Dahulu, Nabi Sulaiman biasa duduk untuk menyelesaikan permasalahan rakyatnya mengenai qodho, hukum dan ia pun duduk untuk menyantapkan makanannya. Hal itu dilakukan dari awal siang hingga terbenam matahari.