Siapa Itu Assabiqunal Awwalun? Berikut Ini Mereka

Ilustrasi assabiqunal awwalun. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Pada permulaan dakwah Islam, umat Islam mengenal adanya istilah assabiqunal awwalun yang bermakna orang-orang yang terdahulu yang pertama-tama masuk Islam.

Al Quran telah menyatakan tentang tingginya derajat mereka yang termasuk dalam golongan assabiqunal awwalun, baik dari kalangan Muhajirin dan Anshar di atas muslim lainnya, baik di masa generasi sahabat, apalagi di atas generasi sekarang.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman;

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Baca Juga:  Uqbah Bin Amir, Sahabat Rasul yang Suaranya Merdu

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah, dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar”. (QS. At Taubah: 100)

Sebagian Ulama mengatakan bahwa mereka itu adalah orang-orang yang sempat mengerjakan shalat dengan mengarah dua kiblat, Baitul Maqdis dan Ka’bah. Sebagian yang lain menyatakan, mereka itu adalah orang-orang yang berbaiat dalam Baiat Ridhwan.

Baca Juga:  Ciri dan Sifat Kaum Khawarij yang Dikabarkan Oleh Rasulullah

Imam Adz Dzahabi rahimahullah menyatakan bahwa assabiqunal awwalun adalah orang-orang yang menyambut dakwah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pada periode dakwah fardiyyah dalam tiga tahun pertama dari tahun kenabian.