Teliti Kulit Singkong, Empat Siswi Ini Raih Juara I2ASPO

MAN 3 Jembrana pada I2ASPO 2023. (Foto: Kemenag)

MOESLIM.ID | Berkat penelitian manfaat kulit singkong, tim riset Al Kindi dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jembrana meraih medali perak pada Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) 2023.

Ajang ini digelar oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Departemen Aktuaria FSAD Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. I2ASPO 2023 diikuti 756 tim dari 42 negara.

Tim MAN 3 Jembrana yang terdiri atas empat siswa; Atika Nafisha, Kharisma Dewi Amania Rahmah,Afiqa Putri Fatina, dan Nadya Artanti mempersembahkan kado akhir tahun bagi madrasahnya dalam ajang kompetisi online yang berlangsung 19-21 Desember 2023.

Baca Juga:  Inilah Hasil Seleksi CPNS Kemenag Formasi 2023

Riset empat siswa MAN 3 Jembrana ini menciptakan sebuah formula untuk meminimalisir limbah kulit singkong guna mendukung program diversifikasi pangan dan energi terbarukan.

“Ide penelitian diperoleh saat melakukan observasi ke pengusaha keripik singkong di sekitar madrasah. Hasil observasi yang dilakukan ditemukan fakta bahwa hasil sampingan dari usaha pembuatan keripik singkong berupa limbah kulit yang dalam jumlah besar dapat menimbulkan bau menyengat,” ungkap Kharisma Dewi.