Cara Berbakti Kepada Kedua Orang Tua yang Sudah Wafat

Ilustrasi mendoakan orang tua. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Salah satu ibadah teragung di dalam Islam setelah mentauhidkan Allah Ta’ala adalah berbakti kepada kedua orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan ajaran Islam yang tinggi dan mulia.

Berbakti kepada kedua orang tua adalah pondasi dan asas seorang hamba meraih ridho Allah. Dia juga bentuk manifestasi syukur kepada Allah sekaligus kepada manusia. IMan dan Islam seseorang tidak akan sempurna jika tidak diringi dengan berbakti kepada kedua orang tua.

Baca Juga:  Kiat Sukses Dalam Berdakwah, Ini yang Sering Dilupakan

Jika kita ingin berbakti dan memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada kedua orang tua yang telah meninggal dunia, maka bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mendoakan Orang Tua

Allah Ta’ala berfirman:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ . رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ (سورة إبراهيم: 40-41)

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do`aku. Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu’min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)“. (QS. Ibrahim: 40-41)

Baca Juga:  Tips Tidur yang Baik dan Sehat Ala Rasulullah

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, berkata: “Rasulullah shallallahu alaihi wasallambersabda:

إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ ) رواه مسلم، رقم 1631)

“Jika seorang manusia meninggal dunia terputuslah semua amalnya kecuali 3 perkara : (1) shadaqah jariyah, (2). Atau ilmu yang bermanfaat (3) atau anak shaleh yang mendoakannya”. (HR. Muslim: 1631)