Cara Mengobati Penyakit Riya yang Ada Dalam Hati (2)

Cara mengobati penyakit Riya. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Melanjutkan tulisan sebelumnya dengan judul Cara Mengobati Penyakit Riya yang Ada Dalam Hati (1), berikut selanjutnya;

Seorang muslim hendaknya mengetahui secara yakin, bahwa dirinya seorang hamba yang tidak berhak menuntut upah dalam beribadah kepada Allah. Dia mentauhidkan Allah karena merupakan tuntutan ibadah, sehingga ia tidak berhak menuntut hak.

Adapun pahala yang ia peroleh dari Allah adalah merupakan perbuatan ihsan (baik) kepadaNya. Maka, ia hanya berharap pahala dari Allah, bukan dari manusia. Yang berhak memberikan pahala hanya Allah. Karena itu, seorang hamba wajib beribadah semata-mata karena Allah.

Baca Juga:  Tips Sehat dan Pengobatan Alami Dengan Air Zam-Zam

Seperti diketahui, setan adalah musuh manusia. Setan adalah sumber riya, bibit dari setiap bencana. Setan selalu ada pada setiap waktu, dalam semua kehidupan manusia, dan senantiasa mengirimkan pasukannya untuk menghancurkan benteng pertahanan manusia.

Beberapa amalan yang apabila diamalkan, maka setan akan lari. Di antaranya adalah dzikir kepada Allah dengan dzikir yang disyariatkan, membaca Al Quran, membaca isti‘adzah (berlindung dari godaan setan yang terkutuk), membaca bismillah ketika masuk dan keluar rumah, membaca doa ketika masuk dan keluar WC, membaca doa ketika bersetubuh.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Husnuzhan Kepada Allah Dalam Segala Keadaan?

Setan juga lari ketika mendengar seruan adzan, dibacakan surat al Baqarah, ayat Kursi, sujud tilawah, dibacakan surat al Falaq, an Naas dan lain-lain.