Jangan Tidur di Pagi Hari! Karena Berbahaya Bagi Kesehatan

MOESLIM.ID | Waktu pagi adalah waktu yang diberkahi dan waktu yang penuh kebaikan. Karena di waktu tersebut adalah waktu yang seharusnya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, baik bagi tubuh, bagi kebutuhan sosial, maupun mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan berbagai macam dzikir, do’a serta amalan ibadah lainnya.

Kita telah ketahui bersama bahwa waktu pagi adalah waktu yang penuh berkah dan di antara waktu yang kita diperintahkan untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, pada kenyataannya kita banyak melihat orang-orang melalaikan waktu yang mulia ini. Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk bekerja, melakukan ketaatan dan beribadah, ternyata dipergunakaan untuk tidur dan bermalas-malasan.

Sebagaimana umat muslim bangun di pagi hari sudah menjadi suatu keharusan. Karena berkewajiban untuk menjalankan salat subuh, walaupun masih dalam kondisi yang mengantuk. Bahkan mungkin banyak diantara kita selepas salat subuh tidur kembali. Padahal tidur setelah subuh dinilai tidak baik dalam agama Islam.

Tidak hanya dalam agama Islam saja, tidur setelah subuh juga tidak baik dilihat dari segi kesehatan. Tidur setelah subuh dibolehkan apabila ada hal-hal tertentu saja, demi menjaga kesehatan tubuh.

Berikut alasan mengapa agama islam melarang tidur di pagi hari yang perlu kita ketahui. Yuh, simak penjelasanya.

1. Tidak Mendapatkan Keberkahan

Pagi menjadi waktu awal yang baik untuk melakukan segala aktivitas karena masih dalam keadaan segar dan memiliki banyak energi. Di awal pagi juga menjadi awal turunnya rezeki dan keberkahan karena menjadi awal semua aktivitas berlangsung. 

Untuk itu tidur setelah subuh tidak akan mendapatkan keberkahan, di waktu pagi Nabi Muhammad Saw telah mendoakan agar pagi menjadi waktu yang penuh dengan keberkahan.

Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606)

2. Menghambat Datangnya Rezeki  

Tidur setelah subuh atau pagi hari memang enak untuk dilakukan, tetapi ini bisa menjadi salah satu penyebab rezeki kita terhambat. Di pagi hari menjadi segala awal aktifitas berlangsung, jika kita memutuskan untuk tidur kembali selepas subuh tentu saja kita kurang maksimal dalam menjalankan aktivitasnya.

Sebagaimana Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)

3. Menimbulkan Berbagai Penyakit

Pagi hari menjadi awal metabolisme tubuh mulai bekerja dan melakukan pemanasan. Namun, saat tidur kembali selepas subuh metabolisme tubuh akan terhambat untuk bekerja yang berakibat pada terganggunya kesehatan tubuh kita.

Bahaya tidur pagi memang benar adanya. Tidur pagi dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit diabetes, obesitas, penyakit jantung, hingga penurunan gairah seksual.

Dengan terganggunya sistem metabolisme tubuh akan berakibat lemas dan tidak bersemangat untuk beraktivitas. Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah berkata, “Tidur di pagi hari menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma’ad, 4/222)

Demikianlah alasan mengapa agama Islam melarang tidur di pagi hari. Jika tidur pagi hari sudah menjadi kebiasaan, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan-lahan.(bbs)