Mengenal Habbatus Sauda Dalam Pengobatan Islami

MOESLIM.ID | Habbatus Sauda atau jintan hitam (nigella sativa) adalah terna, daunnya berbau segar, bijinya mengandung minyak asiri dan lemak, digunakan untuk rempah-rempah dan campuran obat-obatan, misalnya untuk obat sakit perut. Terna ini merupakan rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat.

Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Nama lain dari jintan hitam adalah ḥabbatus sauda (bahasa Arab: الحبة السوداء‎), black cumin, nigella, kalojeera, kalonji, atau kalanji).

Jintan hitam digunakan sebagai pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980-1037 M), dan Al Biruni (973-1048 M), Al Antiki, Ibnu Qayyim dan Al Baghdadi.

Baca Juga:  Korban Meninggal Dunia Gempa Bumi Maroko Capai 2.901 Orang

Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980-1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan.

Habbatus sauda berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin, bisa juga membantu kesembuhan berbagai penyakit panas karena faktor temporal. Biji habbatus sauda mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K.

Kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Telah terbukti dari berbagai hasil penelitian ilmiah bahwa habbatus sauda mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami.

Baca Juga:  Asrama Haji Padang Pariaman Sumbar Bakal Jadi Debarkasi 

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

فِي الحَبَّةِ السَّوْدَاءِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ ، إِلَّا السَّامَ

“Sesungguhnya di dalam habbatus sauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian”. (HR. Bukhari no. 5688/Al-Fath X/143, dan Muslim no. 2215 dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu)

قَالَ ابْنُ شِهَابٍ : وَالسَّامُ المَوْتُ ، وَالحَبَّةُ السَّوْدَاءُ : الشُّونِيزُ

Ibnu Syihab mengatakan: “Kata As Saam di sini berarti kematian, sedangkan habbatus sauda berarti syuniz”.

Habbatus sauda ini mempunyai manfaat yang sangat banyak. Jintan hitam sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit dengan izin Allah tentunya.

Beberapa resep penggunaan dan manfaat habbatus sauda:

  1. Ditumbuk, dibuat adonan dangan campuran madu, kemudian diminum setelah dicampur air panas, diminum rutin berhari-hari: menghancurkan batu ginjal dan batu kandung kencing, memperlancar air seni, haid dan ASI.
  2. Diadon dengan air tepung basah atau tepung yang sudah dimasak, mampu mengeluarkan cacing dengan lebih kuat.
  3. Minum minyaknya kira-kira sesendok dicampur air untuk menghilangkan sesak napas dan sejenisnya.
  4. Dimasak dengan cuka dan dipakai berkumur-kumur untuk mengobati sakit gigi karena kedinginan.
  5. Digunakan sebagai pembalut dicampur cuka untuk mengatasi jerawat dan kudis bernanah.
  6. Ditumbuk halus, setiap hari dibalurkan ke luka gigitan anjing gila sebagian dua atau tiga kali oles, lalu dibersihkan dengan air.
Baca Juga:  Menginap di Hotel Sekitar Masjidil Haram yang Menakjubkan

Untuk konsumsi rutin menjaga kesehatan, sebaiknya dua sendok saja. Sebagian kalangan medis menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsinya bisa mematikan.(bbs)