Ujian Kehidupan Adalah Sunnah Kauniyah Bagi Setiap Muslim

Ilustrasi ujian hidup seorang Muslim. (Foto: wallpapercave.com)

MOESLIM.ID | Ujian adalah sunnah kauniyah (ketetapan Allah Azza wa Jalla yang pasti terjadi) bagi setiap Muslim. Seorang Muslim tidak mungkin mengelak dari ujian tersebut.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

لَتُبْلَوُنَّ فِي أَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ

“Kamu benar-benar akan diuji pada hartamu dan dirimu”. (QS. Ali Imran: 186)

Oleh karena itu, Allah memberi penekanan pada firman-Nya لَتُبْلَوُنَّ dengan menggunakan dua huruf (yaitu huruf lam dan nun yang bertasydid, sehingga makna kalimat tersebut, kamu sungguh sungguh atau benar-benar akan diuji).” (At Tahrir wat Tanwir: IV/189)

Baca Juga:  Melahirkan dan Mewujudkan Anak yang Shalih

Imam Ibnu Katsar rahimahullah berkata, “Firman Allah (yang artinya), “Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu” seperti firman-Nya (yang artinya): Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un“. (QS. Al Baqarah: 155-156)

Seorang Mu’min pasti akan diuji pada harta, jiwa, anak dan keluarganya. Allah Azza wa Jalla juga berfirman:

Baca Juga:  Tidur Saat Khutbah Jumat, Apakah Batal Wudhunya?

ذَٰلِكَ وَلَوْ يَشَاءُ اللَّهُ لَانْتَصَرَ مِنْهُمْ وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَ بَعْضَكُمْ بِبَعْضٍ

“Demikianlah, apabila Allah menghendaki niscaya Allâh akan membinasakan mereka, tetapi Allah hendak menguji sebagian kamu dengan sebagian yang lain”. (QS. Muhammad: 4)