Awad Bin Muhammad Al Qarni

Awad Bin Muhammad Al Qarni. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Awad bin Muhammad Al Qarni adalah seorang cendekiawan, penulis, dan aktivis Muslim Islam Saudi. Ia dikenal karena kritiknya terhadap sekularisme dan modernitas serta dukungannya terhadap pandangan Islam konservatif.

Dia ditangkap pada tahun 2017 atas tuduhan mengkritik rezim Saudi. Pada Januari 2023, diumumkan bahwa jaksa Saudi menuntut hukuman mati dalam kasusnya.

Al Qarni lahir pada tahun 1957 (1376 H) di pemerintahan al Qarn wilayah Asir. Ia menerima gelar PhD di bidang hukum Islam dari Universitas Imam Muhammad ibn Saud. Dia kemudian bekerja sebagai profesor di universitas cabang Abha dan di Universitas Raja Khalid.

Baca Juga:  Taha Akgul

Al Qarni juga seorang pelatih dalam pemrograman neuro-linguistik dan anggota Federasi Internasional Pemrograman Neuro-Linguistik. Wyatt Woodsmall, presiden Federasi Internasional Pemrograman Neuro-Linguistik masuk Islam sebagai hasil percakapan dengan Al Qarni.

Al Qarni paling terkenal karena kritiknya terhadap sekularisme dalam modernitas, terutama dalam bukunya “Modernity in the Balance of Islam”. Buku ini sangat berpengaruh pada gerakan Sahwa yang mencakup ulama Saudi lainnya seperti Safar al Hawali.