Lakhdar Brahimi

Lakhdar Brahimi. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Lakhdar Brahimi adalah seorang diplomat PBB asal Aljazair yang menjabat sebagai Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Liga Arab untuk Suriah hingga 14 Mei 2014. Ia adalah Menteri Luar Negeri Aljazair dari tahun 1991 hingga 1993.

Ia menjabat sebagai ketua Panel PBB untuk Operasi Perdamaian PBB pada tahun 2000. Laporannya yang sangat berpengaruh, “Laporan Panel tentang Pemeliharaan Perdamaian PBB” dikenal sebagai “The Brahimi Laporkan”.

Ia juga merupakan anggota The Elders, sekelompok pemimpin dunia yang bekerja untuk perdamaian global. Brahimi adalah anggota Komisi Pemberdayaan Hukum Masyarakat Miskin, sebuah inisiatif global pertama yang fokus secara khusus pada hubungan antara eksklusi, kemiskinan dan hukum.

Baca Juga:  Abu Bakr Al Shatri

Ia juga menjadi Anggota Global Leadership Foundation sejak tahun 2008, sebuah organisasi yang bekerja untuk mempromosikan tata kelola yang baik di seluruh dunia.

Saat ini ia adalah peneliti senior terkemuka di Pusat Studi Tata Kelola Global di London School of Economics and Political Science, dan anggota dewan pengurus di Stockholm International Peace Research Institute. Ia melepaskan jabatannya sebagai Utusan Khusus PBB untuk Suriah pada tanggal 31 Mei 2014.