Mesut Ozil

Mesut Ozil. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Mesut Ozil adalah seorang mantan pemain sepak bola profesional asal Jerman, dia disebut-sebut sebagai pemain gelandang terbaik. Lahir pada 15 Oktober 1988 di Gelsenkirchen, Jerman Barat.

Ozil adalah seorang Muslim berkebangsaan campuran Turki-Jerman, dia kerap membaca Al Quran sebelum pertandingan. Ozil pernah mengatakan, “Aku selalu melakukan itu sebelum aku pergi keluar (di lapangan). Saya berdoa dan rekan setim saya tahu bahwa mereka tidak dapat berbicara dengan saya selama periode singkat ini”.

Ozil memulai karier seniornya di klub kota kelahirannya Schalke 04 di Bundesliga pada tahun 2006, ditransfer ke Werder Bremen pada tahun 2008 dan ditransfer ke Real Madrid pada bulan Agustus 2010 setelah kinerja penampilannya di Piala Dunia FIFA dengan Jerman.

Pada hari batas waktu transfer musim panas 2013, ia pindah ke Arsenal memecahkan rekor klub dengan biaya £47.000.000 (Rp 816,94 mlyr). Transfer ini membuat dia menjadi pemain sepak bola Jerman yang paling mahal sepanjang masa.

Karena hukum kebangsaan Jerman tidak memungkinkan kewarganegaraan ganda, menempatkan Ozil dari memiliki sampai pada masa Turki untuk menjadi naturalisasi.